Beranda > Uncategorized > HAME A2 Wifi Router

HAME A2 Wifi Router


MiFi, istilah yg ga asing lagi untuk pengguna mobile internet. Walaupun banyak yg menggunakan handphone secara langsung dan pengguna android bisa mengaktifkan fitur “hotspot” / “tethering” untuk membagi koneksi internetnya ke beberapa device lain via wifi, namun sudah mulai banyak orang menggunakan device tambahan agar battery hh lebih hemat dan juga koneksi via mifi / modem dipercaya lebih bagus ketimbang koneksi langsung via hh.
image

Nah, salah satu device “Mifi” yg gw punya adalah Hame A2.. Sebuah Wifi router yg bisa men-Share koneksi LAN (via ethernet cable) atau koneksi modem GSM menjadi koneksi Hotspot wifi dan enaknya lagi, router ini dibekali battery lumayan.. 5200mAH.. dan tanpa modem kecolok di port USB, maka Hame A2 ini bisa difungsikan jadi powerbank.. lumayan, punya powerbank satu lagi menemani powerbank 10400mAH yg kebetulan bermerek Hame juga..

Sebagai mifi, gw pasangkan si Wifi router ini dengan modem ZTE K3571-Z dan hasilnya maknyus. Meskipun secara auto, si Hame A2 ini bisa mengenali operator dari SimCard yg ada di modem, namun settingan bawaannya terlalu default sehingga gw pilih manual untuk memastikan settingan menjadi lebih tepat. Karna gw pake operator Tri, maka settingan default bawaan router adalah 3gprs (apn / username / password), tapi yg gw butuh adalah 3data (apn / username / password)..

tapi itu bisa dilakukan secara cepat dan mudah, jadi ga ada masalah sebenernya..
:)

nah kmaren, baru tau satu hal yg berurusan dengan sinyal wifi ini.. namanya Channel..

Settingan Wifi di handphone secara standar sanggup baca sinyal wifi 2.4GHz, mulai dari Channel 1 hingga 10.. beberapa HP malah sanggup baca sampai channel 14..

image

nah, problem muncul ketika ada beberapa hotspot ada di sekitar handphone kita yg akan coba koneksi ke wifi router kita sendiri..
Jika secara auto kita set wifi router untuk mencari channel sendiri, maka harus dibatasi (kayanya ga bisa untuk kasus router gw ini) channel yg dipilih. Jangan sampe kepilih channel di atas 10 yg wifi dari hp lama ga bisa baca, atau channel 1 – 10 tapi dipakai hotspot lain.. simplenya gini:
Klo hotspot sekitar kita pake channel (contoh di gambar atas) 1 dan 10, maka kita set router kita di channel 4.

Misalkan secara Auto, router kita milih channel 1 yg sudah dipake hotspot sekitar kita gimana? ngaruhnya apa?
Berdasarkan test gw, router gw ketika pake channel 1 yg notabene dipake sama hotspot “petropolis”, maka handphone gw cuma nangkep sinyal wifi channel 1 yg paling kuat.. klo lebih kuat “petropolis”, maka sinyal router gw sendiri ga kebaca hp.. dan sebaliknya.. walaupun router gw jaraknya cuma 5cm dari hp gw sendiri..

untungnya ada aplikasi Wifi Manager (android) yg bisa baca sinyal wifi dan channelnya, jadi klo sampe router gw ga ada di list, maka tinggal gw set aja channelnya secara manual dan milih yg kosong atau klo penuh (semua channel ada penghuninya) maka gw pilih channel yg sinyal hotspotnya paling lemah, biar router gw menang.. :mrgreen:

Posted from WordPress for Galaxy Note 10.1

  1. Agus Riza S
    27/07/2013 pukul 11:51 am

    salam kenal masgan….mantap gan ulasannya
    gan mau nanya….untuk ngerubah setting router tsb agar tidak default yang agan jelaskan di atas, langkah2 na gimana gan…..?

    maafgan,ane newbie…..

    trims gan atas info na…

  2. fatalakankisthebest
    27/07/2013 pukul 12:26 pm

    oohh kamu newbie yaa…samadunk kita

  3. 27/07/2013 pukul 10:36 pm

    @Agus Riza S:
    – nyalain Hame tanpa modem
    – pake laptop atau Smartphone, cari SSID “default” yg ada di belakang Hame (misal : HAME_A2_31b1)
    – connect ke SSID itu..
    – buka Browser, masuk ke alamat “default”  http://192.168.169.1
    – website terbuka, ada tombol Login.. masukin password “default” yaitu ‘hame’ (4 char, huruf kecil)
    – masuk ke [Internet] > [WAN network], ubah ke [Manual APN] sesuaikan dengan sim card,
    – Ubah DNS ke [Manual DNS], isi primary dg 8.8.8.8, secondary dengan 208.67.222.222
    – tekan [Apply]
    – masuk ke [Internet] > [LAN network], ubah IP dari DHCP server jika mau
    – masuk ke [Wireless] > [WIFI settings], mau ganti nama Hotspot Hame (SSID)? mau ganti Channel? mau kasi password (security mode yg WPA2-PSK)?   silakan otak-atik, setelah itu [Apply]

    udah itu doang.. :)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 802 pengikut lainnya.

