Beranda > Uncategorized > Generasi Minerva 150R

Generasi Minerva 150R


Minerva 150R mempunyai beberapa versi revisi (baca: gen / generation ) yg telah release di pasaran sejak awal Juni 2007. Hingga akhir tahun 2009, telah muncul minerva 150R hingga Gen 6 Gen 7 yang punya beberapa perbedaan sejak Generasi (Gen) pertama..

Apa saja bedanya? silakan dibaca selanjutnya..


Untuk awalan saya sisipkan dulu spesifikasi dari Minerva 150R gen 5 yg sering disebut dengan Minerva 150R SE (Special Engine atau Special Edition..)

Spesifikasi Minerva 150R Gen 5

Panjang = 1.910 mm
Lebar = 652 mm
Tinggi = 1.650 mm

Jarak sumbu roda = 1.268 mm
Tipe Rangka = Pentagon Frame
Beban Maks = 150 kg
Kapasitas tangki = 12 liter

Suspensi depan = Upside-down
Rem depan = disc brake
Ban depan = 80/90-17 m/c

Suspensi belakang = Monoshock
Rem belakang = disc brake
Ban belakang = 100/80-17 m/c

Tipe mesin = 1 Silinder, 4 langkah, SOHC, Digital CDI, Oil cooler
Kompresi = 9.2 : 1
Volume silinder = 149.0 cc
Diameter x langkah = 61mm x 49.5mm (144.662 cm3)
Daya maks = 9.5 Kw/ 9500 rpm (12.739 HP)
Torsi maks = 10.0 Nm/ 7500 rpm

Gigi transmisi = 5 kecepatan
pola pengoperasian gigi = 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Kopling = basah, multiplate
Battery = 12V / 7 Ah
Sistem start = electric starter & kick starter

klik untuk memperbesar brosur


Perbedaan antar generasi :

Gen 1 :


– Seri pertama untuk Minerva 150R..
– Lampu sein terdapat di bagian samping Fairing depan dan bagian samping Rear fender belakang
– Terdapat lampu senja di Fairing lampu depan bersebelahan dengan lampu
– belum ada oil cooler

Gen 2 :

– revisi kelistrikan (CDI dan sekitarnya)
– belum ada oil cooler

Gen 3 :


– lampu sein depan menempati posisi lampu senja..
– lampu sein belakang menempati posisi lampu senja belakang di sebelah lampu rem

Gen 4 :


– mulai ditambahkan Oil Cooler

Gen 5 :



– menggunakan Kunci Kontak Magnetik (secure shutter key)
– striping berubah

Gen 6 :


–  mesin menggunakan shaft balancer untuk mengurangi getaran..

Gen 7 :


– Speedometer separo digital.. RPM & Speedo analog, sisanya digital di LCD di sebelah kanan
– Bentuk spakboard depan beda, mesin mirip gen-6
– knalpot bentuknya juga berubah..

source:
picture = ninja250r.wordpress.com 
             minerva150r.wordpress.com

  1. 28/12/2009 pukul 9:38 pm

    pertamaxxxx…..gan… :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  2. 28/12/2009 pukul 9:40 pm

    e bused…ternyata udah generasi ke 6 yak?? vixion aja sama2 rilis 2007 masih generasi ke 2. 😛

  3. 29/12/2009 pukul 11:28 am

    wah, mbokde mampir juga..
    klo soal gen, litbang merek Yei lebih ok dari Litbangnya mimin, soalnya udah yg ke 6 tapi kualitas masih kalah ama yg baru ke 2.. xixixi..

  4. pengamat
    29/12/2009 pukul 1:01 pm

    setelah saya amati, numpah lewat ah.. Permisi..

  5. kilaubiru
    01/01/2010 pukul 9:27 am

    wahh… komplit bro.. malah saia baru ngeh sampe gen six, terakhir maen ke dealer minerva baru sampe oil cooler. thx bro infonya 😀

  6. penerjemah a.k.a arif rakhman
    03/01/2010 pukul 10:14 am

    kalo gitu, gen 6 ini penyempurnaan dari seluruh gen yang ada sebelumnya ya? be te we, gimana ya kalo ada salah satu gen yang mengalami “mutasi”?

  7. 03/01/2010 pukul 5:02 pm

    @penerjemah
    kalo mutasi biasanya cabut bendel dulu bro. ngurusnya di samsat sana… 🙂

  8. Supra_600r
    04/01/2010 pukul 9:51 am

    Maaf bro noFUN, ada info buat minerva 200r g??,, rencana m0 ambil nih m0tor…thx

  9. 04/01/2010 pukul 6:32 pm

    kalo boleh nanya..apanya yg disebut SE dari r 150 ini om…?lebih kenceng kah?

  10. 12/01/2010 pukul 10:38 am

    @kilau biru: ini muncul gen 6 karna mesin di 200R sudah berubah jadi sedikit “mendingan” jadi diaplikasikan juga deh untuk 150R..
    @penerjemah: tiap gen merupakan “penyempurnaan” dari gen sebelumnya.. dan selama “mutasi” ga berupa ubah crank-case (yg berarti nomer mesin ga berubah) ya ga ubah STNK khan? klo udah beli gen yg sebelumnya “dilarang menyesal” hihihihi…
    @supra_600r: 200R saya coba susun infonya dulu..
    @aldi gadsen: “SE” itu karna image “Additional Oil Cooler” yg belum begitu terkenal di Gen 4.. padahal cuma beda Rumah-kunci-kontak aja ama gen 5.. maka muncullah kata “SE” di gen 5..

    ..cmiiw..

  11. Supra_600r
    12/01/2010 pukul 4:41 pm

    Ditunggu infonya bro…thx 🙂

  12. hoho
    02/02/2010 pukul 3:18 pm

    Motor Bagus…

  13. Shark
    04/02/2010 pukul 3:26 pm

    hehehehe… mo bertamu dulu…. permisi… wah yg punya warung ngelayap terus…. :mrgreen:

  14. 04/02/2010 pukul 3:38 pm

    silakan.. tapi Kopinya abis om.. nanti dulu yah, mo ke pasar dulu.. hehehe..

    *yg punya warung lagi semedi cari wangsit soal data akurat si 200R
    (beda banget ama yg punya warung Ijo yg update bisa 2x posting tiap hari..)

  15. 09/02/2010 pukul 5:17 pm

    Oooooo begitu ya, eh Minerva 200 kok jarang ihat yah, padahal lebih cakep matanya sipit, kayak amoy amoy yang kalo cantik enak banget dikihat

  16. areeff
    18/02/2010 pukul 2:09 pm

    bro, bagus tutorialnya neh, supaya yang lain juga tau perbedaan dari gen2 sebelumnya R150SE

    http://areeff.wordpress.com

  17. sof
    18/02/2010 pukul 9:13 pm

    @fun, bro, mana foto minerva R150 generasi ke 6 nya?, penasaran ama speedo digitalnya nich….

  18. wedhus gembel
    19/02/2010 pukul 9:30 am

    Minerva kuwi motor soko ngendi to… ora mudeng alias ndak tahu aku…

    halah.. si Jupi ngapusi..

  19. 19/02/2010 pukul 10:04 am

    @sof:
    Hehehe.. Minerva 150R Gen6 itu speedometernya tetap pakai sistem manual / jarum meter.. bukan digital..

    Perbedaannya di warna background speedonya aja..
    warna hitam
    (150R gen5 ke bawah warna background speedonya putih)..

  20. wedhus gembel
    19/02/2010 pukul 1:37 pm

    betul… betul… betul…

    ?… iki comment nggo sing endi?

  21. 19/02/2010 pukul 3:36 pm

    tambahan neeh Sof..


    🙂 ini panel punya Gen5 (warna dasar speedo meternya putih)
    (lampu biru untuk fuel & voltmeter itu karna ganti lampu aja.. jadi LED Biru)


    🙂 ini panel punya Gen6 (warna dasar udah jadi item)


    🙂 dan ssstttt.. ini punya Gen7.. mirip speedo ninin250 khan susunannya?
    ** tambahan, ternyata bagian kanan itu udah digital untuk voltmeter, bensin dan trip meter
    (foto Bro Areeff)

  22. Reza jambi
    20/04/2010 pukul 2:04 am

    Minerva gw 150r edisi trbaru br bli bln mei kmrn ktnya gen 7 th.2010 keren bgt tp stlh dpkai :
    1. Pndh giginya koq keras bgt sih? ampe sakit kaki gw, pdhl udh service yg 1st..tolong ksh solusi dong pihak minerva? apa nih mslhnya?
    2. Mesinnya koq msh cpt panas!?
    3. Tmbahin lampu senja buat lampu dpn dong 150r nya? biar tmbh komplit.
    4. Mono shock trlalu tinggi tuk ukuran orng dwasa indonesia..pdhl tggi gw udh 170cm nih.
    5. Wkt gw geber2 kejut gasnya koq tiba2 mati mesin sih!?

    Gw udh bangga bgt nih dgn tmpilan minerva yg bnyk kmajuan..dgn hrga skrng 16.1jt hrsnya kwalitas djaga dong minerva, gmna nih?? Jgn buat konsumen kcewa dong..qta2 udh pd salut bgt dgn minerva. Tolong realisasinya k dealer2 daerah..jgn cm wacana doang..ats prhatiannya sy ucapkn trima ksh..hayow minerva maju trus brikan yg trbaik! Jgn kcewakan kami.

    Klo dari gw pribadi:
    1. Itu service masih belum bener.. atau coba ganti oli deh.. harusnya setelah service pertama pindah gigi ga sekeras waktu beli..
    2. Karna teknologi cuma Air Cooler, tapi Full Fairing ya panas banget.. gw sih, pengen coba pasang ExtraFan dari merek sebelah (JupMX), cuma belom kesampean..
    3. Peraturan lampu utama nyala waktu siang apa ga jalan disana? lagian lampu senja ga terang-2 amat.. klo aksesories, saran saya pasang Angel Eyes Neon aja (bentuk bagus) atau Angel Eyes Led (Terang banget)..
    4. Gw yg cuma 168cm, bobot ga ada 50Kg aja waktu beli juga jinjit, tapi setelah pakai 1 tahun, kaki malah kedua napak tanah (bisa nekuk malah).. seiring waktu, monoshock turun dg sendirinya koq sampai batas optimalnya..
    5. Kasus yg sama di FU temen gw.. katanya ada salah setting di Karburator tuh..

  23. Reza jambi
    20/04/2010 pukul 2:16 am

    Sorry bro mksdnya gw bli bln march 2010 kmrn, keren bgt tmpilan gen 7 150r nya yg skrng..tp y itu td yg d ats mslhnya, smoga pihak minerva bs membrikan solusinya dgn baik..bila perlu bantu dong dealer2 ddaerah trkait promo, service n’ partsnya..smua kan buat qta2 jg..win2 solution lah..tq b4 minerva!

  24. lutfi
    02/08/2010 pukul 11:07 am

    gnie bro..ceritanya gwe mo bli minerva yang vx toe..tpi gwe ragu2 nich….takutnya gnie..kan gwe kuliah di BDG..sedangkan rmah gwe di sukaboemi,,tiap minggu gwe suka pulang,,tkutnya law tiap minggu bolak-balik sukaboemi bandung mesinnya gak kuat.trus kan gwe jga suka k rumah nenek,,jalannya berbatu gtu,,trus tanjakannya minta ampun bgt…gmn nich?minerva cocok gak bwat gwe?solusinya dong,,,thank..

    NoFUN:
    klo pendapat gw pribadi, minerva kuat klo soal mesin..
    Gw tiap bulan muter odometer sekitar 1700-an km..
    (bukan gw yg muter odometer.. tapi ban depan tepatnya :mrgreen:)

    harian senin-jum’at total sekitar 160km (40km x 4hari)
    jum’at malem gw pulang ke Cilegon (130km)
    dan senin pagi gw balik ke Jakarta (130km)..

    dan umur mimin gw udah lebih dari 1 tahun.. klo temen-2 MRC malah umur mimin mereka udah ada yg lebih dari 2 tahun.. dan masih pada sehat aja tuh..

    soal tanjakan, mimin (apalagi yg VX) bisa koq.. HUT MRC di puncak kmaren, ada tanjakan parah ke arah Villa tempat nginep (lokasi acara).. VX yg paling keliatan nyantai klo nanjak.. klo soal berbatu, tinggal pilih ban yg sesuai..

    😦 kekurangan :
    – beli sparepart ORI minerva itu susah, tapi bisa ambil part dari merek lain..
    – kadang (se-per-sekian persen.. tepatnya entahlah) dari produk bikinan minerva, cacatnya parah.. (jangan sampe dapet yg ini..).. punya gw cacat di Kelistrikan..

    🙂 kelebihan :
    – mesin konvensional (karburator) mirip teknologi di GL-pro / motor ber-karbu lainnya.. bengkel biasa juga bisa klo darurat mogok..
    – premium memang bisa, pertamax juga OK..
    – bentuk keren.. klo ini pendapat personal.. hehehe.. 🙂

    jadi ya terserah dikau aja sekarang.. 🙂

  25. smart
    25/09/2010 pukul 7:26 pm

    bro no_fun pernah ngalamin mogok gak? terus apa solusinya.

  26. 25/09/2010 pukul 8:24 pm

    Mogok yah? Hmm.. Klo lagi enak-2 jalan trus mogok sih belum pernah.. Tapi klo “mogok” yg sudah diperkirakan sebelumnya, pernah.. Misalnya: mogok gara-2 nerjang banjir..

    Mogok bisa dari sesuatu yg salah di Mesin atau di Kelistrikan..

    -Bensin, hal yg paling pertama yg diCek saat mogok.. Sapa tau dah abis.. :mrgreen:
    -Busi, copot dari blok mesin, tapi tetep disambung ke colokan dari CDI.. dan di test apakah ada loncatan listrik saat dicoba pake kick-starter..
    -Coba kick-starter terus..
    -Telpon temen, minta tolong.. Itulah pentingnya punya sahabat !!! Hehehe..

    *waktu nerjang banjir, kemudian mogok.. Solusi cuma 1.. Pake Kick-Starter sampe mesin nyala lagi.. Udah itu aja.. dan terbukti manjur..

  27. mixmax
    03/01/2011 pukul 6:18 pm

    bang NoFUN gw beli mimin 150r,oktober 2009 kira” itu gen brp y?…trus top speed yg pernah abang dapetin brp kmh ?

  28. adi_aja
    03/01/2011 pukul 8:23 pm

    @mixmax:
    bandingin aja mesin mimin situ ama gambar mesin di atas tuh..
    lebih mirip gen 5 atau 6?

  29. 03/01/2011 pukul 8:42 pm

    @mixmax:
    lha.. itu bro adi_aja udah jawab..
    tambahan:
    – jika mesin mirip gen 5, maka kemungkinan besar adalah gen 5 dan sebaliknya..
    – jika mirip gen 6, tapi speedometer mirip punya VX (cuma 3 buletan & buletan kanan pake lcd.. berarti motor gen 7)

    pengalaman speed tertinggi 140kmph di jalan pantura antara Tegal – Semarang waktu mudik ke Malang.. tapi butuh track panjang & RPM 10rb.. (itu sekalinya dan gak pernah bisa segitu.. hehehe.. mana bisa di Jakarta ngebut.. macetttt)

  30. fajri
    23/01/2011 pukul 10:53 am

    noFUN, guw mau nanya nih, klo minerva 150r se (yg msh gress) thun 2011(skrg) msh d produksi kaga? khususnya d bdg. kebetulan bulan mei guw mau ngambil tu mtor.

  31. 23/01/2011 pukul 11:39 am

    @fajri:
    Klo minerva R150 SE (gen5) harusnya dah ngga di-produksi lagi.. Kecuali ya sisa stock lama di dealer.. Karena stock berdasarkan produksi baru harusnya versi VX yg ada dipasaran..

    Yg jelas sebelum versi R150VX (gen8) ya
    -Gen6 : bentuk mesin berubah dari gen5, dan sisanya (bentuk fairing , dll) mirip gen5..
    -Gen7 : bentuk spakbor depan berubah, knalpot berubah, speedometer berubah jadi semi-digital yg nanti dipakai generasi si VX, tapi bentuk fairing tetep kaya gen5 dan sebelumnya..

    Note: dari sisi mesin, paling top yg tetep si VX karena tiap generasi adalah penyempurnaan.. Tapi VX yg punya desain fairing berubah dibanding generasi sebelumnya, bagi sebagian orang itu adalah kekurangan.. Tapi itu tergantung selera masing-2..

    Jadi, gw ya cuma bisa bilang “selamat berburu..” :mrgreen:

  32. mixmax
    27/01/2011 pukul 8:28 pm

    bang noFUN nanya lagi donk :p,,,kan saia mo ganti per kopling,,coz gg enak yg pnyanya minerva, enaknya pake yg GL pro ato yg Racing ya???

  33. mixmax
    27/01/2011 pukul 8:29 pm

    bang noFUN nanya lagi donk :p,,,kan saia mo ganti per kopling,,coz gg enak yg pnyanya minerva, enaknya pake yg GL pro/Mega pro ato yg Racing ya???

  34. Brokokok
    28/01/2011 pukul 11:14 am

    mixmax :
    bang noFUN nanya lagi donk :p,,,kan saia mo ganti per kopling,,coz gg enak yg pnyanya minerva, enaknya pake yg GL pro/Mega pro ato yg Racing ya???

    Kalo menurut ane…pake per kopling punya ninja rr.udah banyak kok teman mimin yang pakai per RR and kampas kopling gl pro.

  35. comrade man
    14/04/2011 pukul 9:06 pm

    klo mslh gigi nya kras gmpang coy bwa aj ke dealer nya minta di tekuk dikitan per nya cmn yg aku kbingan nih,,,,,,,,digitalq mati krn kongslet di bwa ke service ktanya eisi nya sengah mati nnyarinya gk ada smpek psen di jkarta aj gk ad yn nemuin,,,,,,,soalnya kode depanya eisi lanka:AB klo kbanyakan kode eisi kan:BA ad yg tau gk ya bsa di kanibal kan punya ap biar bisa normal mslh nya beli digitalny mhal bget prnh tany,rp800 rbuan ,,,,,,,,,,,

  36. comrade man
    14/04/2011 pukul 9:11 pm

    klo mslh gigi nya kras gmpang coy bwa aj ke dealer nya minta di tekuk dikitan per nya cmn yg aku kbingan nih,,,,,,,,digitalny mati krn kongslet di bwa ke service ktanya eisi nya hangus,nyarinya stengah mati,smpek psen di jkarta aj gk ktmu,,,,,,,,,soalnya kode depanya eisi lanka:AB klo kbanyakan kode eisi kan:BA ad yg tau gk ya bsa di kanibal kan punya ap biar bisa normal mslh nya beli digitalny aj mhal bget prnh tany,rp800 rbuan ,,,,,,,,,,,

  37. eril
    20/04/2011 pukul 8:37 pm

    kalo kabel spido digital dah ada yg pernah ganti gak? spido sy dah gak berfungsi. udh indent tp 2 bln blm ada barangnya 😦

  38. dede
    30/10/2011 pukul 6:01 pm

    gw pake thn.08 sampe sekarang alhamdulilah baik2aja ga pernah mogok.aki lom ganti,mesin msh kering.cuma,kalo kelistrikan gw akuin mang agak lemah solusi nya ganti pk punya tigi baru aman

  39. adli
    22/12/2011 pukul 10:14 pm

    sorry bro boleh tanya ga?? kalo speedonya gen 7 bisa masuk ke gen 6 ga yaa?? trus bagusnya spakboard depan gen 6 pake apa ya gantinya??

  40. rafii
    27/09/2012 pukul 11:51 pm

    lebih detailnya buatan tahun berapa tuh gan

  41. 27/01/2013 pukul 4:59 pm

    om nofun mau nanya, minerva 150R thun 09 boros bensin ga yah ? jelasin yah om .. baru beli motor bekas ni saya 😀 mohon di respon 🙂

  42. 28/01/2013 pukul 9:35 pm

    ga di bales bales nih .. 😦

  43. 29/01/2013 pukul 5:52 pm

    sorry, kelupaan mulu.. lagi sibuk keluar kota, demi sesuap nasi.. 🙂

    klo standar, daerah karburator ga dikotak-katik (di-setting), knalpot ga diganti.. ya sekitar 1:40kmpl.. tergantung settingan juga.. bisa dibuat lebih irit (tapi power turun) atau sebaliknya..

    dan satu lagi uniknya mimin, klo dipake ngebut lebih irit daripada pelan-2 (power optimal di RPM menengah-atas.. jadi cepet nyampe tapi bensin semuanya terpakai jadi tenaga).. tapi selalu hati-2 ya..

  44. 09/03/2013 pukul 5:20 pm

    ok thx bang 😀

  45. Narso
    04/03/2014 pukul 9:13 pm

    Klo aku cocokin dengan Minerva-ku ( di STNK model MX150 ) pembelian th 2009 akhir (plat 12.14),bagian mesin sdh menggunakan shaft balancer (spt gbr gen.6, bentuk kick starter dan tulisan Minerva sama),tapi warna dasar panel speedo meter kok putih (gen.5) yaa..,jd binggung..,punyaku gen 5 apa gen.6 Mas Bro..?tmks..

  46. Merlin setia p
    04/02/2015 pukul 1:53 pm

    Bang noFun,s klo mau ganti aki R150SE sama apa?
    Kalo master rem belakang sama kaliper nya pake apa?hatur nuhun

  47. dolPecel
    09/02/2015 pukul 2:28 am

    Merlin, kalo satu unit rem belakang ga tau, tapi kalo sil pistonnya *apasih namanya? kurang tau juga hehe) pokoknya yg kayak gini nih ->

    di cariin teknisinya(bengkel pingiran) pake punya supra 125 ternyata bisa.. -__-

  48. Heber
    22/06/2015 pukul 11:23 am

    Bro No Fun,

    Mohon pencerahananya, saya mau beli Upside down ex Minerva 150.
    1. apakah ada keluhan terhadapa upsidedown tersebut, bocor, keras atau apapun itu?
    2. apakah upside down tersebut bisa dipasang kemotor lain seperti CBR / CB150R?

    mohon di share disini atau di email kesaya dong. (shorthand.3@gmail.com)
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas pencerahannya.

  1. 06/04/2010 pukul 5:40 pm
  2. 03/01/2011 pukul 8:26 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: