Minerva 150R versi baru
Minerva Motor Indonesia di akhir bulan ini akan meluncurkan generasi terbaru dari Minerva150R, yang akan diberi nama R150VX.. Hmmm ternyata nama baru yg ada ini adalah nama yg tidak melanjutkan generasi R150 sebelumnya yang telah sampai ke Generasi 7.. seperti yang pernah gw post sebelumnya di sini
lalu kenapa namanya R150VX, apa saja perubahan di Minerva150R versi baru ini? silakan dilanjut..
(*updated 27 April 2010)
*updated: Detail tentang R150VX ada di sini.. |
---|
Minerva 150R adalah generasi minerva yang menjadi buah bibir di dunia maya maupun dunia nyata (dunia gaib?? mungkin saja.. hahaha :)) karena modelnya yang disebut-sebut menyerupai motor pada merek lain meskipun merek tersebut ternyata tidak memproduksinya di Indonesia (bukan buatan ATPM di Indonesia).. Tapi jika kita melihat sejarah meluncurnya seri 150R ini, ternyata banyak merek yang juga ikut membuat motor dengan model yang terinspirasi dari motor sport dari thailand tersebut..
Tapi kenapa Minerva yang lebih di “permasalahkan” daripada merek lain? mungkin karena minerva yang berani release tipe 150R di daerah sekitar Jakarta.. mungkin lho yah..
OK, Back to Topic.. Di minerva yang baru ini, terdapat perubahan-perubahan yang cukup jauh dari seri R150 (atau 150R) sebelumnya.. apa saja itu ?
(*source: FBnya MRC)
jika kita lihat gambar diatas.. maka bisa kita temukan perubahan pada :
– Fairing depan,
perubahan ini sangat jelas berbeda dengan seri R150.. jika dilihat detail malah lebih mendekati R200.. tapi Spion kini tak lagi di stang..
– Fairing belakang,
sangat jelas terlihat rear fender yg berbeda dengan R150 sebelumnya.. kali ini jauh terlihat sangat Sporty..
– Lampu sein,
lampu sein di R150 yg menyatu didalam fairing, kali ini mengikuti garis R200 yaitu sein yg ada di luar fairing, hal ini mengikuti peraturan di Eropa (lupa sourcenya) bahwa lampu sein tidak berada dekat dengan lampu utama, agar tidak samar dan tetap terlihat jelas.. kali ini lampu sein menggunakan tipe LED sama dengan seri Megelli..
– Tangki,
perubahan ini penting lho.. Bukan cuma dari tampilan yang berubah jadi keren, tapi tangki yang membesar pada bagian atas akan memberi ruang untuk kaki kita ‘masuk’ menempel pada rangka.. fungsinya agar saat terjadi kecelakaan (jatuh) bodi tangki akan sedikit memberi pertahanan agar bukan cuma kaki kita yang menahan berat motor pada aspal.. (fungsi ini sebetulnya lebih efektif jika menggunakan Frame Slider) tapi untuk seri minimalis minerva, lumayan berguna lah.. hehe.. 🙂 namun untuk urusan kapasitas, tangki ini masih menggunakan kapasitas 12 liter..
– Lampu,
lampu depan kali ini menggunakan versi projector, tipe ini diklaim bisa jauh lebih terang daripada tipe sebelumnya.. bahkan (mungkin) lebih terang daripada lampu halogen yg terpasang di 150R gw.. untuk lampu belakang belum jelas perubahannya sampa mana, namun yg jelas berubah juga koq..
– Muffler,
meskipun desainnya terlihat mirip dengan seri R150 sebelumnya, namun muffler ini diklaim ikutan berubah lho.. Mungkin soal output suara kali yah? mungkinkah terpasang ‘DB-killer’?
– Mesin,
ini neeh yang ditunggu.. mesin kali ini juga akan menggunakan mesin yang berbeda juga dari seri R150 sebelumnya, berbeda dari gen 6 atau 7 apalagi dengan Gen 1 sampai 5.. bahkan kali ini mesin yang didatangkan dari Sachs Jerman ini akan mengalami peningkatan daya hingga 2dk.. yakni ke 11,5dk dari sebelumnya yang cuma 9,5dk..
– Nama
klo soal ini, jujur aja masih belum tau kenapa pake nama VX.. mungkin biar beda tapi ga jauh-2 amat dari yg dulu.. (tetep ada kata R150 biar orang gampang tau maksudnya tipe yg mana.. IMO lho.. 🙂 )
lalu kapan launchingnya dan berapa harganya? menurut info di sini tanggal release adalah 20 April 27 April (edited), dan klo soal harga.. Presiden Direktur PT Minerva Motor Indonesia, Kristianto Goenadi sepertinya masih enggan menyebutkan angka pastinya.. “Tapi tidak akan terpaut jauh dengan R150”, tandasnya.
jadi bagaimana nasib para pemilik 150R generasi 1 sampai dengan 7? menyesalkah?
secara pribadi ada perasaan nyesel di gw, tapi bisa jadi ini merupakan kesempatan untuk Minerva Motor Indonesia untuk lebih maju lagi dan akhirnya bisa memperbaiki kualiatas 3S-nya.. terutama SERVICE.. woke ?
maju terus Minerva..
Ride With Pride..
(MRC)
Tinggalkan Balasan
Komentar terbaru
- research paper on college pada Powerbank 2.4 A
- Dorothea Tomehak pada “Satu hati” semakin di depan, “Semakin di depan” malah semakin pasrah..
- Susan pada Minerva 150R-ku.. umur 17 bulan (udah ABG lho..)
- Tinton pada [belajar] kelistrikan mimin (switch lampu)
- Anto wijaya pada [belajar] kelistrikan mimin (kill switch)
- BrightLugo pada Powerbank 2.4 A
- Fast Money pada Satu lagi motor rasa Italy
- Hikmat pada Perpanjang SIM wilayah Cilegon
- Rivaldy pada Smartfren DF78AH
- abyfwz pada Skema kelistrikan minerva R150VX
- Liz Bischke pada Tren baru.. Facelift motor Sport fairing 150cc
- roedy pada Knalpot Nexium yg aduhai..
- acompanhantes garotas pada [belajar] kelistrikan mimin (switch lampu)
- sandi pada [belajar] kelistrikan mimin (kill switch)
- http://students.akademitelkom.ac.id pada Blackberry Browser tanpa BIS
buritannya kelihatan sexy bro! ditunggu spesifikasi mesinnya! bikin penasaran juga nih!
masih 11.5 dk ya?
masih jauh banget sama cbr yg bisa 17-an dk.
Baguslah kalo udah berani tampil beda dengan sodaranya, CBR 150!
hehe…masih berani bilang CBR wannabe?
wess, keren amir…!!!! tapi kok masih ada garisnya dengan CBR 125 Ya? tapi salut deh sama Minerva yang update terus… 🙂
lumayan.. tinggal kembangin jaringn aja..
Harga emank ga bohong
tp salut dhe bwt minerva krn desain2 mtr sport ny bkin gw ngiler…
btw
slm knl bro ^_^
Desainnya sudah bagus,sayang masih ada engkol starternya…
keren..
Ttp pk oil cooler g?
Trus ada balancer shaftx g? Ky r200 gt..
letak spionnya aja yg menurut ane merusak desain keseluruhannya yg lumayan lah…
salut buat minerva, desainnya top kombinasi honda-yamaha
desainnya udah lumayan keren.
engine harus ditambah lebih gahar lagi lah.
minimal spt megapro yg 13 hp.
sayang di kotaku dealernya tutup
..::blog apa bukan apa tidak?::..
beli buntut tok boleh gak ya?apik!!dipasang d vixi sip itu
sen nya mirip r125 .. kerenn sih modelnya
power nya gedean si byson 14 Hp padahal cuman beda 3cc 😀
modelnya sih ok banget
Sebenernya sih kalau ngomong soal power, misalkan kita bandingin sama byson. Byson harganya 20 juta an. Nah selisih harga antara minerva 150r ini dengan byson bisa kok untuk bikin nih motor punya tenaga diatas byson.
Minerva 150r Gen 7, Odometer dan Fuel meternya Digital ya ?
bisa komen, bisa komen bisa komen bisa komen bisa komen bisa
komen bisa komen bisa komenbisakomenbisakomenbisakomen
bisakomenbisakomenbisakomenbisakomenbisakomenkomenkomen
bisakomenbisakomenbisakomenbisakomenbisakomenbisakomen
bisakomenbisabisakomenkomenkomenbisakomenbisakomenbisa
komenbisakomenbisakomenbisakomenbisakomenbisabisakomen
komenkomenbisakomenbisakomenbisakomenbisakomenbisa
komenbisakomenbisakomenbisabisakomenkomenkomen
bisakomenbisakomenbisakomen
bisakomenbisakomenbisakomenbisakomenbisabisakomenkomen
wah pokoke model anyar bukan lagi klonengan h,
nie baru tuh namanya mongtor minerva
@ brother XXl123=g salah y…power nya kan jadi 11,5 kw…itu kira” 15,4 hp..
beda dengan mimin yang lama sekitar 9,5 kw = 12,75 hp…
Buat mimin r150 gen 8…maju terus…
ini minerva yang sudah ditunggu” 😀
Paling tidak minerva hrs punya mesin yang kualitas / durability / PALING MINIMUM ADALAH LEBIH BAIK DARI MEGAPRO
LAGI.. KENAPA BUKAN YANG R200 YANG PAKE BENAR2 MESIN SACHS.. . dari segi market dia bisa merebut pangsa THUNDER dan MEGAPRO.. bahkan mungkin VIXION.. dengan CATATAN YANG DIUPGRADE PAKE MESIN SACHS GERMAN adalah yang R200 (sekaligus bodinya)
@MARCUS:
Sangat setuju dengan anda bro..
Meskipun begitu, MMI (Minerva) dengan usia yg masih sangat muda (dibanding ATPM lain) sudah menunjukkan durabilitas mesin
(untuk sebagian besar produknya) yg cukup tangguh..
nah, soal kualitas itu.. hehehe.. sedang dibenahi sepertinya.. 🙂
klo soal mana yg ubah versi (R150 / R200), sepertinya ada strategi lain lebih dari itu, misalnya saja: (*menurut saya)
– R150 tetap dipertahankan karena NAMA yg sudah lebih dulu dikenal
– R200 tetap dipertahankan karena TENAGA yg lebih besar dari R150..
Maka jika diperhitungkan, lebih masuk akal jika perubahan ada di R150..
toh soal harga R150 & R200 ada di bawah beberapa yg Bro sebut tadi khan? 🙂
*sekali lagi hanya pendapat pribadi 🙂
hhihihihi…capkep cuy … nieh motor good..banget …cm mau tanya ke dealer minerva di malang thu tutup terus ..gak ada yg buka …
ada yg tau gak kenapa minerva di malang tutup melulu..
padahal di pasuruan buka terus…
plzz di bales
Berdasarkan populasi dan segmentasi pasar, harus diakui bahwa Indonesia ini bukanlah negeri para biker, tapi komuter. Jadi jangan heran, kalau disandingkan antara bebek dengan motor batangan dengan harga yang sama plus segudang kecanggihan mesin motor batangan, konsumen tetap aja bakal milih bebek dengan segala kemudahan dan kepraktisannya. Bebek itu enak dibawa kemana saja, bisa buat bonceng keluarga/anak2 di depan dan belakang tanpa khawatir kaki anak kena mesin tegak, gampang nyangkutin belanjaan, bisa bawa beras, galon, hingga tabung elpiji. Gak perlu repot ngurusin dua busi, empat klep, radiator, monoshock dan segala tetek bengeknya yang bikin motor tambahribet, boros tapi larinya segitu2 juga.Dan diantara sekian banyak merek motor bebek, cuma HONDA yang teruji dan terpercaya, makanya populasinya paling banyak seantero nusantara. Kesimpulannya, bagaimanapun juga bebek HONDA lebih unggul diatas segalanya !
lho aku belum komen disini yah
btw penampakan depan, samping kanan, samping kiri, belakang, detail2nya mana????
haha…
untung ku blm pesen minerva yg gen 7
tunggu yang ini kluar dlu ah….
tp bner ya mo kluar tgl 27.tp pling bru ada di jakarta ya bang?
soalnya aku ada di semarang.
kayanya berbau delaer HONDA deh… pasti SPG nya… hehe 😀
Untuk Minerva R150 VX ini , aku dah nanya.. katanya keluar bulan juni ( PRJ buka ) katanya di launcing pas disana.. dan harganya bakal lebih mahal sedikit 😦
mudah2-an lebih cepet keluarnya hihihi…
update lagi ahh..
diambil dari Blognya punya pak Edo, gambar ini adalah tampak samping R150VX,
🙂 bisa dilihat bagian yg berubah drastis adalah bagian ‘tail’nya.. mirip motor apa yah? hehehe..
[silakan bandingin mulai dari bentuk tangki sampe ujung spakbor belakang dengan Cibi1000RR FireBlade..]
🙂 Bagian mesin dilihat dari bentuknya.. sama seperti Minerva R150 gen6 atau gen7, klo soal isinya (fitur).. masih belum jelas..
🙂 Bentuk knalpotnya kaya punya motor bebek, tipe apa ya? lupa..
tapi tulisan MINERVA makin gede (tulisan = bukti knalpot ‘standar’ dari pabrikan)
🙂 yg lain? nanti gw update lagi.. xixixi..
brother nice article, izin sharing juga ya demi kemajuan MRC..hehe
Update-an lagi..
Seperti yg direncanakan dan juga tertulis di lembar undangan yg diterima di blognya Pak Stephen Langitan hari ini 27 April 2010, peresmian peluncuran R150VX telah dilakukan..
Soal harga R150VX di artikel anggota KOBOI di bawah ini adalah 16,5 juta
Perbandingannya, dulu harga R150
gen4 = 14,5 juta,
gen5 = 15,5juta,
gen6 & gen7 = 16juta
source:
http://ducatimonster.wordpress.com/2010/04/27/minerva-r150-vx-dibandrol-rp-16-5-juta/
http://alonrider.wordpress.com/2010/04/27/minerva-r-150-vx-dipasarkan-rp-165-juta/
keren,,,,buntutnya “honda bangeeeettt”, haha
lumayan tuh bwt mejeng,,
itu yg kyk radiator, oil cooled apa liquid cooled?
owh…ralat, maaf kurang teliti,, klo radiator cm masih diangan2 berarti mgkin cm oil cooled ya,,, haha 😀
Speknya pake oil cooler. Yang di malang coba ke dealer di lawang aja brow. Sachs R 150 VX – Malang, Jatim (udah masuk). Gue pake, mantap gan. Engine OK, Performance (masih indereyen), Body OK, acceleration OK, traction & grip OK, clutch & shift OK, TOP BGT DAH…. Rugi kayaknya kalo gak punya. Temp & Radiator OK (Stabil). Cuman ada satu yang kurang………… PADA GAK PERCAYA PERFORMANCENYA !!!!!!!!! (Hahahahahaha………. ), EYE Catching PASTI !!! Boncenger NYAMAN. Apa yang kurang? Price… woooiiii….jangan ditanya….. Bagi brow2 yang udah tuning mesinnya, bisa donk kasih masukan….TQ
Maksudnya kalo ada yang gak tau, suhu di mesin dengan system oil cooler aja udah gak sebegitu panas, gak kayak yang versi gen 5.Soalnya arti dari radiator kan sama dengan pengurang panas (Hehehehehe…), meskipun macet di daerah dinoyo. INFO = Kalo getaran udah berkurang hampir 85% (di 5000 rpm).
Cuman penyakit settingan lama masih ada…. Setting koplingnya susahnya minta ampun…. Apa gara-gara masih indereyen ato emang awalnya susah ya? soalnya yang gen 5 gak susah 2 amat… Mohon pencerahannya…
Ha..???? Jinjit…? Hehehehehe….. SAMA Bro… Hahahahahaha… Shock belakang udah dibikin soft aja, gw juga masih jinjit koq. Gak masalah… Tambah tinggi tambah enak. Kalo kopling berarti nunggu indereyennya jadi dulu ya bro? Traction dari ban IRC Road Winner lumayan lah…. Waktu pas hujan, nyoba extreme braking di 80 KmH, STABIL… agak oleng dikit karena aspal gak rata. Overall enak…. Banking ama turning, gripnya bagus…. TQ info tenaganya. kalo ada info yang bagus, yang lupa dan bosen pm gw ya… SUWUN
boleh tau harga otrnya di tegal???
Sebagai informasi saja, di Medan sini harganya 17.150.000 CASH, yg warna putih 17.650.000. Lebih mahal 500.000.
Sepertinya wajar, Megelli warna putih juga lebih mahal 1.500.000 dari harga aslinya.
@ bro pathunk…
waah.. kok lawang udah ada yaaa???
ada apa dengan dealer surabaya.. kok belum sampe2 juga katanya… ????
padahal dah jual motor buat beli si VX.. T_T
ada yang tau nggak kenapa?
@ bro jalu…
Mungkin marketingnya kurang berani kali…. kalo di lawang aku ambil pas barengan pameran juga, kalo tidak salah satu minggu setelah acara launcingnya di jakarta. Sekarang paling udah ada, cuman ikut harga normal kayaknya (putih harga 17,650,000).
Senasib ama bro jalu, tiap minggu qtanyain ama salesnya jwbnya minggu depan, minggu depan (selama 5 minggu berturut2)…
ni motor udah nyampe d rumah gw, keren abis dah, g nyesel!
tp yg jd masalah adalah waktu mo nyb ni motor malem2 lampu depannya kog nyala yang sebelah kanan doang y? setelah complain sama dealer terkait katanya emg gitu sistemnya, “yg kanan doang yg nyala”, gw sih agak2 g percaya jg, motor desain udahkeren gini masih ada “cacatnya”
mohon bantuannya, thx
setahu diriku sih r150 yg vx lampu depannya sperti moge jadi bisa nyala sebelah aja tapi bisa juga dua2nya nyala (kaoskaki ninja juga begitu) coba aja semua saklar or baca buku petunjuknya
@hendri kira2 mekaniknya minerva bisa ngebenerin g y? ato harus d bw ke bengkel?
yoi lumayanlah R150VX buat w yang gak suka ngebut2 lari 80 aj dah kerasa kenceng kok yang pentingkan modelnya keren abs bikin mata lain melirik..
sayang nyawaa bro kalo ngebut2
Jangan salah….. VX juga bisa tembus di 130 KmH lho…… Jadi kalo njababin motor lain dengan spek yang sama, masih mampu, tinggal jokinya aja. Secara VX gw, dari 0-120 itu cepet dapet. Cuman ke 130nya yang agak lama. Tapi kalo ratio gearnya dirubah beda lagi. Rencana gear belakang mo dikecilin dikit, …. kejar top speed… gak masalah sedikit ngorbankan akselerasi… hehehehhehehehe……………….
Gw dah Beli ni VX 150 item… model Keren ABIS, cuman pas gue test Netral nya susah amittttt.. ada yg tau solusinya biar gampang netral ni,, trus shock belakang ketinggian..padahal tinggiku sudah 172cm, mo bawa boncenger jd susah klo ketinggian..ada yg tau solusi untuk kedua hal ini .. thanks 🙂
Teman2 VX….kira2 ada yang tahu ga ya penyebab bunyi pada mesin, seperti bunyi klep longgar pada RPM rendah, kalo digas pada RPM tinggi, hilang bunyinya.
Sama mekanik minerva disarankan ganti NOKEN AS nya tiger, sudah saya ganti tapi masih tetap bunyi…kira2 ada sara lain ga ya? apa harus ganti templar juga?????
TQ
coba disetting ulang gap valvenya dulu. klo masih berlanjut, ganti valve springnya mgkn bisa membantu
Valve? klep ya bro smile?
udah disetting ama mekanik minervanya, jadi klepnya ga longgar…
tapi masih bunyi juga….^^
jadi rugi ganti NOKEN AS, tapi tenaga sih kayaknya nambah dikit, tarikan lebih enak..
cuma masalah kopling ama bunyi2an ini yang masih mengganggu
bro2 yang lain ada yang mengalami hal yang sama?
TQ
klo bs desain d bkin kya migeli…desainny orisinil,tp klo ni desaine jiplak moge sayap tunggal..desain buritan jg fairing depan,lampu jg mirip!coba mosok minerva kok ada stiker sayap segala……kan kesane..masih niru2 to…..!!!!!klo aku salut ma madash & migeli ny……….
saya yang launching kemaren….wakakakakakka, logonya jg saya yg buat…( narsis mode on)
klo dibatam bisa ga y beli motor minerva r 150 vx???
tlong y ksih tau!!
Top speednya brapa y ?
150km tembus g ?
btw hrganya brapaan to brow?????
dri td cma body n mesin z gk da hrganya y????
hhheeeeeeeee^__^
@eka:
Lha bukannya udah ku update di Comment nomer 35?
Coba dilihat dulu.. 🙂
Untuk lebih detail lagi soal si VX ini, silakan click https://minerva150r.wordpress.com/2010/04/27/detail-minerva-r150vx/
aku dah punya vx150..cm yang jd msalah kok hampir smua motor seri untuk oper gigi kok keras banget yah…ada yang punya saran biar in bisa bagus
wei ..,
gua punya banyak rancangan montor ..,
klox ada yg minat,, ksix tahu gua !!.”
klox rancangan mntor gua tu buat smua kagum .
🙂
d’bogor dealer’a da ga????
trus kelemahan dri sii motor pa si????
@zemonk:
ada di Tajur..
[Minerva Tajur]
udh ga prnah buka klo ga salah mah
bwatan cina atau jerman gan ane masih bingung yg jlas bwatan mana
trus cpet rusak nggak ?
ane masih ragu diantara beli satria fu thailand atau minerva vx
soalnye ane pgn beli yg bekas
kira” kalo di daeler motor,minerva vx harganya brapa gan second nya ?