650cc


650cc… hmmm, semua orang juga tau kalau motor dengan kapasitas volume ruang bakar seGede itu belum ada yg bikin (CKD) di Indonesia.. Lalu bagaimana dengan motor-2 Gede yg “sudah” berada di Indonesia? klo itu hanya orang yg berkecukupan yg sanggup menebus harga motor yg pajaknya ampun-2an itu.. hehehe.. lalu bagaimana mengatasi kerinduan masyarakat Indonesia kepada motor dengan cc (Centimeter Cubic? Cubic Capacity? anyway artinya mirip ahh.. :)) yang besar?

Di Indonesia, di kelas motor sport 250 cc, selain Kawasaki Ninja 250R yang dikeluarkan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) hadir pula seri Megelli 250 yg dihadirkan oleh PT Minerva Motor Indonesia (MMI), yang lain?

Honda misalnya, hanya bermain di kelas paling tinggi 196,9 cc lewat Tiger. Pun demikian dengan Yamaha yang cuma berani menghadirkan motor berkapasitas 223 cc di Scorpio.

Saingan terberat justru datang dari Suzuki yang sanggup memboyong moge-moge sport dari negara asalnya. Sayang, akibat diimpor langsung, harga motor-motor ber-cc besar itu pun melambung tinggi.

lalu bagaimana jika ada rencana CKD motor ber-cc besar ke Indonesia?


Ternyata ada angin segar yang berhembus bahwa KMI akan menghadirkan 2 versi moge dengan displacement 650cc ini dan MMI pun tak mau kalah, mereka sedang melakukan penjajakan untuk menghadirkan pula moge dengan displacement 650cc pula.. wah rame neeh.. πŸ˜€

Awal 2011 nanti, KMI berencana menghadirkan sebuah motor naked bike bernama Kawasaki Er-6n yang dibekali mesin 649 cc 4 tak liquid cooled DOHC. Dengan menggunakan 6 tingkat kecepatan, motor ini sanggup menghasilkan torsi maksimum sebesar 48,5 lb-ft pada putaran mesin 7000 rpm.

Bentuknya yang naked bike memang cocok bila ia dibesut di jalan-jalan perkotaan, mengingat dimensinya yang tak sebesar motor sport full fairing.


πŸ™‚ 2010 Kawasaki Er-6n

sedangkan MMI akan menghadirkan motor buatan Fischer Motor Company yang rupanya dibekali dengan mesin yg spesifikasinya mirip dengan Kawasaki Er-6n. namun motor ini sanggup menghasilkan torsi maksimum sebesar 52 lb-ft pada putaran mesin 7500 rpm.

Bentuknya yang Full fairing namun khas, membuatnya lebih cocok bila dibandingkan dengan Ninja 650R yg juga Full Fairing.


πŸ™‚ Fischer MRX

nah.. soal harga?

nah dari kawasaki.com tercatat bahwa tipe Sport Er-6n seharga USD 6699, sedangkan Fischer MRX seharga USD 6440, klo dah sampe Indonesia (dengan beban pajak) jadi berapa tuh? weleh weleh.. tak terjangkau untukku, meskipun jika nanti dibuat secara rakitan lokal / CKD (Complete Knock Down).. xixixi :mrgreen:

Bagaimana menurut anda?

*Source:
– Fischer1.com
– kawasaki.com
– autos.okezone.com

*galery tambahan:


πŸ™‚ 2010 Kawasaki ER-6n beserta harga di pojok kanan-atas


πŸ™‚ spec ER-6n (*click for detail)


πŸ™‚ Fischer MRX



πŸ™‚ spec MRX (*click for detail)


πŸ™‚ suasana pembuatan MRX


πŸ™‚ pabrik kawasaki jepang

  1. 13/05/2010 pukul 3:58 pm

    wah iki aku iso pertamak sesali kalinya ampek sekarang

    πŸ˜€ hahaha.. selamat deh.. untung ga ta’ amanin duluan.. xixixi :mrgreen:

  2. 13/05/2010 pukul 4:01 pm

    wowowowowowo 2 -2 nya bikin ngiler, cuman gitu nafsu sampek kantong tak sampai

  3. 13/05/2010 pukul 10:47 pm

    650 cc tu cuma seukuran botol air mineral lebih dikit.. :mrgreen:

    berarti sekali puter gas, bensin satu botol mineral ilang dong?

    xixixixi :mrgreen:

  4. 14/05/2010 pukul 12:06 pm

    waaah…fischer keren juga…jadi tergoda nih..
    padahal sudah mau meminang ER6n..

    beli..engga..beli..engga..

    Saya ga bisa kasi saran pilih yg mana..
    jadi silakan saja beli dua-2nya.. xixixixi :mrgreen:

  5. ond0ls
    14/05/2010 pukul 12:35 pm

    dua2nya keren tinggal tunggu tanggal mainnya aja deh… liat barang baru decide mana yg mau diambil…
    kredit kira2 berapa ya???????

    Aprillia RS125 (2 tak) juga punya harga yg miriplah.. tapi masih CBU (import bentuk utuh), klo ER-6N katanya mo dirakit lokal (CKD), klo MXR (fischer) ga jelas mo di CBU / CKD..

    hayoo.. makin bingung ga tuh.. πŸ™‚

  6. 15/05/2010 pukul 11:24 am

    @ kilaubir feat. Nofun
    ga donk bro, kan yg disedot tuh campuran bhan bkar+udara, jd g bensin smua :mrgreen:

    eh y, er-6n kn 2 slinder inline, tp mrx V2, jelas aja torsinya gd mrx.
    kalo ninja 650r kan stangnya diatas yoke bro, malah kaya sport touring drpd sport asli
    keunggulan mrx, yaitu chassisnya. Cz pk one piece chasis yg katanya ga dilas. :mrgreen:
    trus shockbreaker ohlins n rem brembo.

    Kmaren waktu bikin artikel, sempet baca spec yg lupa baca darimana, klo ER-6n itu V2 juga.. bukan inline..

    tapi begitu liat spek diatas.. hehehe.. iya ER-6n ternyata Inline..

    *hmm, one-piece chassis.. kayanya pernah denger istilah ini di Aprillia RS125 deh.. atau judul Manga / Anime yah? :mrgreen:

  7. lekdjie
    15/05/2010 pukul 2:16 pm

    Dari 2 photo di atas, perusahaan manufaktur jepang terkesan lebih serius disiplinnya,dan Us (*Amrik. red) lebih nyantai.. pabrix mrx seperti bengkel biasa ya?

    Klo kaya bengkel biasa, gimana klo LekDjie mbuka bengkel MRX aja gih.. wakaka.. :mrgreen:

    *Apakah itu hanya salah foto satu sudut pabrik pembuatan MRX, ataukah benar-2 “Handmade” seperti tertulis di spek di atas? entahlah.. πŸ™‚

  8. 16/05/2010 pukul 4:39 pm

    wah harus ngejual prapatan apa alun2 Ungaran sekalian kayaknya….coz ngiler sama fischer…. :mrgreen:

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: