Beranda > Uncategorized > [belajar] kelistrikan mimin (kill switch)

[belajar] kelistrikan mimin (kill switch)


Pelajaran lain kita mulai.. siapkan bangku masing-2.. jangan lupa cemilan dan minuman yah.. hehehe.. :mrgreen:

Artikel kali ini kita mo bahas yg namanya Kill Switch (“Tombol Bunuh” :mrgreen:). Biasanya fitur ini adanya di motor laki (sport) bukan juga beberapa motor bebek / matic.

Nama lain “Kill Switch” adalah “Stop Engine switch” / “Engine cut off switch” / “Engine Kill switch” dan masih banyak nama lainnya..

Dah tau stop engine switch itu yang mana khan? hehehe..
Itu lho, saklar yang biasanya warna merah adanya di stang kanan motor yg fungsinya untuk matiin mesin motor..

Nah kali ini kita bahas prinsip kerjanya di motor Minerva dan aplikasi lain yang bisa diterapkan di saklar merah ini..

Ok.. kita mulai detailnya..


Seperti yg sudah kita bahas sebelumnya di artikel kmaren.. kita udah bahas cara kerja saklar lampu dalam fungsinya di kelistrikan motor (mimin & vixion).. dan kali ini kita bahas soal saklar (lagi)..

Saklar kali ini sering kita temui pada motor tipe sport / racing dan tiap motor bisa berbeda cara kerjanya.. dan supaya mudah gw ambil contoh dari motor gw sendiri..

Di Minerva 150R, tipe saklar stop engine adalah N.O. (Normally Open) dan akan menjadi “Closed” saat ia ditekan (posisi engine STOP).. dalam gambar disederhanakan menjadi begini..

πŸ™‚ Kill Switch (namanya serem..)

Nah dari saklar itu tadi, posisi nutup (Closed) itu yg dipakai di motor Minerva 150R untuk “membunuh mesin” (in English= Engine Kill :mrgreen:).. dan dari kelistrikan lebih lanjut bisa kita liat ternyata saklar tadi nyambungin salah 1 kabel dari CDI ke ground (“-” / negatif-nya AKI)..

Klo saklar “Stop engine” diaktifkan.. maka CDI tidak akan mengirim pulsa (bukan buat SMS / telpon yah, tapi “pulsa” di sini adalah “Tegangan / Voltage” :P) kepada BUSI.. jadi mo tekan electric starter sampe AKI soak ato mo pake Kick Starter sampe kaki berotot.. gak bakalan mau kerja itu mesin.. hehehe.. :mrgreen:

Kalo di Yamaha Vixion dan juga Suzuki Thunder 125, saklar di mimin dibalik cara kerjanya..
Saat keadaan saklar Normal (posisi “closed”) maka ada tegangan positif (+) yg dilewatkan di saklar.. dan saat “Stop Engine” diaktifkan.. maka kabel yg menyambung di saklar malah terputus (posisi “opened”)..

Di Tiger / Tiger Revo? ternyata cara kerjanya sama persis dengan mimin.. ada kabel yg di Short to ground dibagian CDI jika tombol Stop Engine diaktifkan..

Trus aplikasi lain Switch ini gimana?
 

πŸ™‚ matiin ahh..

 
Bentar.. bentar.. πŸ™‚

Aplikasi lain yg gw maksud di sini adalah penambahan saklar lain untuk “Stop Engine”..
Kenapa harus nambah? ok gw jelasin..

Fungsi saklar tambahan ini sebenernya meng-COPY cara kerja stop engine / kill switch yg ada di motor kita.. lalu saklar COPY-an tadi kita letakkan di tempat tersembunyi (misalnya di bawah jok) jadi saklar tersebut bisa kita gunakan sebagai pengaman motor kita. Selama saklar tambahan tadi AKTIF maka motor kita tidak akan bisa dihidupkan (tapi masih bisa dipindahkan, didorong misalnya, atau dinaikkan pickup contoh drastisnya.. hehehe.. :))

nah karena ada dua cara kerja saklar maka ada dua cara juga untuk membuat COPYan dari Engine Kill switch..

1. diagram COPY-an stop engine punya mimin & tiger

πŸ™‚ ini system saklar N.O.

– klo di Minerva: (B = “Black/white”) (C = “Green”)
– klo di Tiger : (B = “Black/white”) (C = “Green”)

2. diagram COPY-an stop engine punya vixion & thunder

πŸ™‚ ini system saklar N.C.

– klo di Vixion: (B = “Brown”) (C = “Red/White”)
– klo di Thunder : (B = “Orange”) (C = “Orange/White”)

Nah, untuk sambungan kabel ambil dari terminal di bawah tangki biar rapi..

πŸ™‚ klo ini terminalnya mimin, rapi gak? πŸ˜›

contoh lain aplikasi di minerva, bisa buka di sini

nah klo dah selesai sambung kabel (pastikan sambungannya rapi) dan tipe saklarnya sesuai spesifikasinya.. tempatkan posisi saklar di tempat yg tak diketahui orang lain kecuali anda sendiri (misal di bawah Jok) dan ingatkan diri anda sendiri klo sekarang ada saklar dobel itu..

Jadi klo pagi-2 (klo malemnya anda aktifkan saklar itu) anda coba nyalain motor tapi gak mau, meskipun berulang kali coba.. pastikan “Engine Kill switch” di stang kanan gak aktif, dan juga COPY-an saklar itu juga gak aktif..

*selamat mencoba πŸ™‚

source:
– google.com
– forum-motor.com

  1. 12/07/2010 pukul 6:11 pm

    wihhh…PERTAMAX saja :mrgreen:

  2. 12/07/2010 pukul 6:11 pm

    wah sama dong dengan engine switch off :mrgreen:

    NoFUN:
    anda benul.. (benar & betul) :mrgreen:

  3. 12/07/2010 pukul 6:13 pm

    mantap…keren infonya…salam hangat…

  4. sirjack
    14/07/2010 pukul 1:43 pm

    CDI-nya bener2 BRT ya,,,,,

    NoFUN:
    coba buka link di bagian bawah artikel yg teksnya begini..
    contoh lain aplikasi di minerva, bisa buka di sini

    itu lebih ____ lagi.. :mrgreen:

  5. watta
    16/07/2010 pukul 8:35 pm

    itu saklar nti bkal bkin soak aki gk tuh klo lgi ga dipake?

    NoFUN:
    wakaka.. gerilya ya Mas/Mba? komennya numpuk neeh.. πŸ™‚

    tenang aja selama pasang kabelnya bener, dan itu Saklar tambahan gak dipake ya berarti sama aja itu saklar gak kepasang..

    tapi Klo saklar itu lagi di-aktif-in, trus dikau coba untuk nyalain mesin dari Electric Starter / Kick Starter ya bakalan soak itu aki.. hehehe..

  6. Seagate
    30/07/2010 pukul 9:39 am

    Saya cuma mau mengomentari, katanya engine stop cuma ada di motor sport dan motor matic tertentu. Salah!. Sebagian motor bebek lama ada yang menerapkan engine stop, seperti, Yamaha Champ, Suzuki Tornado, dan Suzuki Sprinter.

    NoFUN:
    welah.. ternyata salah.. terima kasih ralatnya..
    btw, yamaha champ itu kaya apa ya?
    tanya mbah google koq gak dijawab ya..

  7. Sander
    31/01/2011 pukul 11:47 pm

    Menurut gw mengetahui scra detail kelistrikan pd mtor qta sngt2 lh penting.krn kta bsa bkin sklr rhasia.dn msh bnyk lg.

  8. syahab
    20/09/2012 pukul 11:59 am

    kalo buat start stop engine dlm satu saklar gmna?

  9. 11/03/2014 pukul 9:17 pm

    Boz kirimin gambar cara ngerangkai kabel minerva R150,nnya dunkk yg ana pda putus nichh… hehee

  10. hendro
    03/07/2014 pukul 4:40 pm

    Minerva Q gen-5 ato katanya yg punya nama R150SE, saat ni alami susah hidup di start,pengechekan karbu+dibersihkan, ganti busi baru, check percikan listrik koil, semua ok… Awalnya kendala itu terjadi klo kondisi mesin dingin susah bgt, tp klo udah panas gak masalah,start ok… Mohon bantuan pencerahannya buat mimin Q tercinta… Makasih… Cupaezt_16@yahoo.co.id / 26D717D3

  11. Adiy
    27/11/2015 pukul 2:43 pm

    Gan itu switch dobel stater n cut on off punyak ny spd apa?

  12. Nano
    03/06/2016 pukul 3:04 pm

    Oh kirain itu tombol berbahaya, ternyata malah mengamankan. Thx infonya

  13. Baihaqi
    31/01/2017 pukul 3:27 pm

    Min, kalo pasang kill engine di motor matic bisa ga???

  14. sandi
    09/06/2017 pukul 9:26 am

    motor minerva saya tdak ada pengapian , udah diganti spull sama coil tetap tdk ada pengapian ,ap masalahnya?

  1. 22/10/2013 pukul 10:00 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: