Beranda > Uncategorized > Ethanol dalam bensin merusak mesin ?

Ethanol dalam bensin merusak mesin ?


Sebenernya gak se-Ekstrim itu jika prosentase kandungan ethanol dalam bahan bakar masih dalam taraf wajar.. Ethanol sendiri diclaim mampu meningkatkan kadar oktan dalam bahan bakar dan termasuk bahan bakar renewable alias bisa dibuat lagi, ga seperti bensin maupun bahan bakar fosil lainnya..

OK, back to title.. kenapa dibilang merusak? lalu berapa prosentase amannya?

Dikutip dari news di Motorcycle-usa.com, bahwa prosentase kadar Aman ethanol untuk dicampur dalam bahan bakar bensin adalah 10%, namun baru-2 ini US-EPA (The U.S. Environmental Protection Agency) mengeluarkan pendapat bahwa kadar ethanol dapat ditingkatkan ke 15%.

 

Pendapat berbeda dikeluarkan oleh Goverment affair manager AMA (American Motorcyclist Association) bahwa AMA lebih berpedoman pada level dibawah 10% untuk menjaga kemungkinan kerusakan mesin lebih dini..

 

Memang sih dengan campuran ethanol, maka oktan bahan bakar akan meningkat drastis.. jadi ibarat isi Premium rasa Pertamax gitu.. :mrgreen:
tapi terlalu banyak ethanol malah bisa merusak mesin..

 

Ethanol, bisa jadi alternatif campuran untuk untuk menjaga oktan motor tinggi tapi harga tetap harga bahan bakar ber-oktan rendah.. Klo ribet, pake aja langsung bahan bakar ber-oktan tinggi.. 😛

Jadi ada yg pernah coba atau masih memakai campuran ethanol dalam bahan bakar motor kalian?

Share dong disini untuk jadi pengalaman bersama..

*source :
Motorcycle-usa.com

  1. PB
    19/10/2010 pukul 7:11 pm

    pertamax racing

  2. 19/10/2010 pukul 8:21 pm

    Klo pertamax racing = oktan 100,
    Gw premium racing aja.. Premium + ethanol = oktan 100.. hehehe 🙂

  3. 20/10/2010 pukul 9:42 am

    Negara Brasil merupakan negara yg pertama kali menerapkan BBM etanol, kalo gak salah sekitar tahun 80-an. Saat ini produsen2 mobil sedang mengembangkan agar mobil bisa menerima bbm etanol dgn kadar 20%.

  4. 20/10/2010 pukul 9:45 am

    hmm..lom pernah liat dan nemu..maklum..masih primitif..xixiix :mrgreen:

  5. 20/10/2010 pukul 9:46 am

    Wah, klo kabar tentang pemakaian ethanol di indonesia gimana Mas Mitra?

    Soalnya dari beberapa milis di indo malah seringnya bilang pakai ethanol di 15%.. Seberapa “merusak” ke mesin ya itu yg belum tau dan juga “secepat” apa proses ‘merusak’ itu tadi?

  6. watta
    21/10/2010 pukul 11:27 am

    jagungnya tinggal dimasukin ke tangki bensin ya?
    hihihi..

  7. adi_aja
    21/10/2010 pukul 11:28 am

    jangan salah lho yah !!
    klo Alkohol nanti bikin mabok motor.. :mrgreen:

  8. daris
    21/10/2010 pukul 1:26 pm

    ethanol biasanya cepat merusak karet pada selang bensin dan tangki

  9. numpang
    25/11/2010 pukul 10:48 pm

    yg bikin rusak itu soalnya yg pake sendiri, dan makenya ga bener

    ngelebihin 10%, kalo mw aman y misalnya isi 1 liter masukin 100ml (seharusnya 900ml bensin 100ml etanol) tapi kl 1 liter 100 ml pasti lebih aman

    yg ngerusak bukan etanolnya tapi kandungan AIR dalam etanol tsb, makanya ga boleh banyak2 (ngelebihin 10%)

    kebanyakan etanol yg dijual kandungannya 75%, jadi misalnya dengan komposisi di atas, dalam 1 liter (bensin+etanol) akan ada 0,025ml air.

    yg perlu diingat air itu sangat berbahaya bagi ruang pembakaran, karena ga bisa dibakar dan juga bisa bikin busi konslet, makanya ga boleh banyak2!

  10. 04/12/2012 pukul 3:22 am

    Ky org susah lo pada. Prmium udh d komposisikan sdmikian rupa khusus kndraan berkompresi rndah. Kalo d tmbh zat aditif sprti yg trsbut d ats mlebhi btas aman cmpuran, jd G ssuai dngn bhn bkr apa yg d rekomendasikan oleh pabrik kndraan brmtor kecuali sdh ad modifikasi pada mesin dgn kompresi tnggi shngga mbthkn bbm broktn tnggi. Apalagi mengaplikasikan bbrp prsen zat tsb kdlm bbm yg kt gnkan utk harian, pasti resiko kerusakan trjadi, kecuali untk kprkuan balap sprti dragrace yg mbthkn oktan tggi pd bbm yg dgunakan.

    Kndraan brmtor d smua negara sdh d ssuaikan dg ap bhn bkr yg akn dgnkn kndraan tsbt. Dgn perawatan dan pmakaian yg baik trhdp kndraan yg bro2 n sist2 pakai, d jamin kndraan yg skrng kta gunakan bsa lbih pjg usia pmakaiannya dr yg tlah d tentukan pabrikan.
    Kompresi tinggi kadar oktan tinggi, kompresi rendah kadar oktan rndah.
    Berexperimen it hak pribadi, tp hrs d prtimbngn kprluan n konsekuensinya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: