Minerva 150R-ku.. umur 17 bulan (udah ABG lho..)
Minerva 150R, salah satu product kacang goreng (laris cuy..) yg menjadi tulang punggung penjualan dari PT Minerva Motor Indonesia kini sudah menginjak Generasi ke-8 dengan nama R150VX. Perubahan demi perubahan yg terjadi memang makin terasa membaik di setiap generasi / revisi product dari PT Minerva Motor Indonesia..
Akhir Maret-2009.. Minerva 150R warna hitam (gen-5 atau disebut R150-SE) masuk juga ke beranda rumah (“beranda” kesannya kaya WALL-nya FB.. 🙂 eh, waktu masih baru-2nya dah jatoh 2x.. ke kiri & ke kanan.. untung gak lecet sedikitpun..
Setelah 16 bulan lebih (digenepin 17 bulan deh.. ama temen sendiri ini.. :mrgreen:) gimana keadaannya ?
Status di Agustus 2010:
01. Lampu
Lampu depan (ORI-nya mimin) 18 watt (ada 2 buah) tapi kurang terang, gak safety..
Umur 1 bulan langsung diganti 18 watt pake merek OS*AM jauh lebih terang..
harganya murah sih, tapi apa MMI gak bisa beliin lampu semurah itu?
02. pindah gigi
Dari awal beli sampe sekarang untuk pindah ke gigi NETRAL.. susyah banget klo lagi posisi berhenti.. (*bisa, tapi musti pake trik meskipun kadang gak berhasil)
03. Knalpot
Knalpot berisik.. beda dengan Gen-7 apalagi si R150VX (Gen-8).. dan sialnya MMI gak nyediain sparepart knalpot yg gak berisik untuk pemakai Gen lama..
*padahal klo ada, gw pengen beli.. gak enak ama tetangga klo punya motor suara gede 🙂
04. Shockbreaker depan
Up-side Down (USD) depan empuk dan masih enak sampe sekarang.. gak ada perubahan apapun disini..
*posisi stang kemudi turun 8cm dari posisi awal.. jadi kemudinya rada nunduk..
05. Shockbreaker belakang
Monoshock belakang keras dan tinggi.. Terlalu nungging dan terlalu berjarak ke roda..
Fungsi spark-board (spakbor) belakang jadi gak maksimal untuk cipratan air dari roda belakang..
*ada yg bilang settingan itu enak, jadi ini sifatnya pendapat personal.
06. Kulit Jok
licin.. terpaksa deh diganti yg gak licin ke tukang jok.. keluar 50rb deh.. daripada kepentok tangki mulu tiap ngerem..
07. Ban depan
Terlalu kecil (ukuran lebarnya) 70/90-17.. ganti ban ke 90/70-17.. lebih lebar 2cm dari ukuran awal.. tebel tetep 63mm (90% x 70mm = 70% x 90mm)
*bawaannya ban Kingstone.. rada licin.. bahaya..
08. Ban belakang
Ganti juga.. awalnya 100/80-17.. diganti ke 110/70-17.. lebih lebar 1cm.. tapi lebih tipis 3mm
*bawaannya ban Kingstone.. sangat amat licin.. bahaya..
09. Kick starter
hmmm.. gw copot trus masuk bagasi belakang..
*cuma dipakai klo mogok abis nerjang banjir 50cm-an.. harian gak dipake..
10. Standar samping
Terlalu panjang.. posisi motor terlalu tegak.. gampang ambruk..
*ditekuk dikit, selesai..
11. Cooler system
Air Cooler gak jalan maksimal karena ketutupan fairing..
Oil Cooler lumayan ngebantu ngedinginin mesin yg abis ber-macet-ria di Jakarta..
12. Rem depan
Kurang pakem dikit.. mungkin karena kualitas piston set-nya? entah.. pokoknya sampe sekarang gw ambil jarak lebih jauh untuk pengereman..
13. Rem belakang
Bisa di-setting.. jadi gak masalah..
01. Lampu vs AKI
Penerapan DRL (Daytime Running Lamp) dalam keadaan macet = AKI drop (terlihat dari Voltmeter..)
klo mesin sempet mati (dalam keadaan jarum dah ke level low).. maka electric-starter gak bakal mau.. musti pake kick-starter..
02. Fuelmeter
Sejak umur 12 bulan.. tiba-2 tewas dengan sendirinya di tengah perjalanan ke kantor..
03. Speedometer
Selisih 1 minggu dari Fuelmeter, Spedometer juga mati..
*(kabel / kawatnya putus.. beli di Dealer Minerva Tangerang, dikasinya kabel Hon** Mega*** lama, tapi gak cocok.. ujung di bagian roda kurang panjang..)
04. RPM / Tachometer
disusul 1 minggu kemudian, RPM (Tachometer) juga ikutan sekarat (gak sampe Tewas)..
*Jarum cuma mentok di 5000 rpm.. haduhh… nasib gw gini amat..
05. Lampu rem belakang
standardnya 3w/12w.. tapi waktu beli di MASC (Minerva Authorized Service Center) di Jatinegara Kaum.. Yg jaga bilangnya “gak ada Mas, beli aja lampu di bengkel pinggiran.. banyak koq..”. Ya sudah.. beli deh di bengkel pinggiran.. dapetnya 5w/25w.. yg terjadi saat lampu rem nyala, Voltmeter langsung drop & pan*at berasa panas lho..
*klo ngerem, lampu belakang nyala 2x5watt ditambah 2x25watt = 60 watt.. panas cuiii..
*sekarang diganti LED, pemakaian daya berkurang jauh.. Voltmeter gak turun klo ngerem..
06. Switch rem depan
Beberapa hari setelah ganti lampu sesuai anjuran yg jaga MASC, saklar (switch) lampu depan meleleh saat kondisi jalan macet. Saat terjebak di kemacetan, maka otomatis gw sering banget lakukan pengereman.. lampu rem belakang otomatis sering nyala.. hasilnya penutup mika bulet warna merah langsung leleh dan lunglai tak berdaya di dalam batok mika bening penutup lampu belakang..
*cari saklar pengganti ini di bengkel pinggiran.. ready-stock (punya HSX125)
07. Kuprok??
Produk yg gw punya ini, punya keanehan di kelistrikannya.. setelah gw amati beberapa kali dan juga gw lakukan percobaan..
kayanya tegangan yg masuk ke daerah speedo meter & lainnya gak murni tegangan DC.. jadi masih AC atau minimal DC bergelombang..
bisa dari kuproknya atau dari kumparan spul (generator / dinamo)nya yg gak beres.. entah.. belom coba lagi..
beberapa kali alat yg butuh tegangan DC gw tambahin ke dalam kelistrikan, jadi rusak semua.. (Ballast angel eyes rusak 5 biji 😦 )
08. Switch-set kanan
Saklar lampu (on-off) di stang kanan mati.. weleh weleh.. terpaksa modif kelistrikan, nambah saklar baru (saklar mini).. dan selesai..
09. Switch-set kiri
Saklar “horn” juga rusak.. kadang bisa kadang ngga..
*sekalian aja beli switch-set handle kiri milik Yama** Vixi** dan saklar on-off lampu pindah deh ke kiri.. saklar di handle kanan gak di otak-atik..
10. Lampu-2 mini
Lampu kecil-2 yg ada di dalam speedometer, semuanya diganti pake LED, sama terangnya tapi penggunaan dayanya kecil.. awet sampe sekarang..
11. Saklar rem belakang
Rentan rusak klo sering di otak-atik.. umur 12bulan dah tewas..
12. AKI
AKI basah emang TOP..
1. Perjalanan mudik sendirian Jakarta-Malang jalur Jakarta-Cikampek-Cirebon-Semarang-Solo-Jombang-Malang ditempuh dalam waktu 2 hari
(karena jalanan macet parah di Indramayu + nyasar di Jombang, maklum lusa-nya Lebaran)
Istirahat di SPBU Semarang (arah ke Malang), di SPBU Tegal (arah ke Jakarta)
Gak ada keluhan mesin atau lainnya saat perjalanan berangkat maupun pulang..
2. Getaran mesin makin berasa.. bikin pegel kaki. Mungkin ini imbas dari mesin yg tiba-2 naik power yg udah berlangsung hampir 1 bulanan.. bulan-2 sebelumnya jarang banget bisa sampe power maksimal gini, tapi ini tiba-2 setelah hari sebelumnya ganti oli yg sama di tempat yg sama seperti biasanya tiap bulan rutin gw lakuin.. More speed, more vibration di ujung kaki terutama..
3. klo lagi dipake nembus ujan gede, ada udara di Karburator yg nahan kabel gas, jadi gak mo turun lagi.. suka nyangkut gitu..
4. Mileage sekitar 40km per liter klo gak salah itung.. lumayan irit lah.. cukup premium soalnya..
5. Klo dah ketemu macet (harian Jakarta).. maka kaki kiri-kanan berasa kaya dipanggang..
*butuh kipas biar cepet mateng.. kasi kecap & sambel kacang.. hmmm…
6. tiap bulan ganti OLI karena bulanan sekitar 1700km..
7. kayanya ini dulu deh.. nanti di update lagi
Minerva 150R gen-5 Hitam
Tinggalkan Balasan
Komentar terbaru
- research paper on college pada Powerbank 2.4 A
- Dorothea Tomehak pada “Satu hati” semakin di depan, “Semakin di depan” malah semakin pasrah..
- Susan pada Minerva 150R-ku.. umur 17 bulan (udah ABG lho..)
- Tinton pada [belajar] kelistrikan mimin (switch lampu)
- Anto wijaya pada [belajar] kelistrikan mimin (kill switch)
- BrightLugo pada Powerbank 2.4 A
- Fast Money pada Satu lagi motor rasa Italy
- Hikmat pada Perpanjang SIM wilayah Cilegon
- Rivaldy pada Smartfren DF78AH
- abyfwz pada Skema kelistrikan minerva R150VX
- Liz Bischke pada Tren baru.. Facelift motor Sport fairing 150cc
- roedy pada Knalpot Nexium yg aduhai..
- acompanhantes garotas pada [belajar] kelistrikan mimin (switch lampu)
- sandi pada [belajar] kelistrikan mimin (kill switch)
- http://students.akademitelkom.ac.id pada Blackberry Browser tanpa BIS
hmmmm..ganti ma Byson atau NewMegapro aja om 😀
Wah, selamet ya mas udah sweetseventeen…hehehe
moga2 langgeng deh ama 150R-nya… 🙂
sepertinya ada bau-bau mo ganti tunggangan nih?
17 bln udah bnyk penyakit ny.
Yg sabar yha bro, harga emang ga bohong…
mesakke.., hehehe,wis tuker Cambah wae om… Hehehe..
hehehe,sory lidahnya kepeleset om, cuker tambah.. Eh.kepeleset lg, tuker tambah..wehehehehe… Becanda ya om..
klo gak salah bandingin.. ini foto judul di artikel waktu masih baru & foto di samping kanan (sibebar paling atas).. ada nambah spakbor-kolong yah?
spakbor belakang gak dicopot aja? khan udah ada yg di kolong?
pengen beli vx tapi bakal banyak keluhan gak ya kaya yang di atas???
wah setia bangettt menemani selama 17 bulan…………….
weww….ck…ck..ck..sabar bner si om ini…apa tukar tambah aja ama CBR 150 om??….toh body sama kok
hmm..apa ngga mau ganti ke adiknya, si R150VX?? 😀
kemaren ane liat di jalan, keren juga…cuman bagian belakangnya terlalu nungging…
shockbreaker depan masi enak yach? jadi makin naksir ama USD-nya, cuma nanya ke dealer Minerva terdekat di sini ga sedia (cuma penjualan ajah), waduh apa ambil USD-nya D-Tracker aja yach? hehehee..
Minerva VX-ku umur 2 x 17 hari… (korban gak setia, pindah ke lain hati gara-gara yamahak byosen gak keluar-keluar dari tahun kemarin. Impresinya singkat: jauh lebih baik dari apa yang dirasakan pemilik warung dengan R150 SE…
busetttt baru umur 17 bulan koq udah banyak cerita miringnya nihhh…lha nanti kalo sudah berumur 34 bulan bisa-bisa dijual kiloan nih…he3x…becanda om 😀
untung pake gl..semangat sam..org sabar disayang tuhan.
Lumayan banyak juga…Terutama masih kecil-kecil seperti lampu mati dll cuman sering aja ya. Thank you for sharing.
Ya motor gw selama 2 tahun pernah juga kok 🙂 Yang paling sering adalah waktu ke bengkel service, mekaniknya kelupaan masang kabelnya. Ya speedo juga, atau ya di jalan lama-lama lampu kendor aja.
salm kenal sam,
sabar tenan mas iki..
Mudik Jkt – Malang ??? Arema yah bro ???
hemm…enak baca artikelnya..sbar bro..
perasaan saya campur aduk baca postingnya… postingnya lucu, tur ya bikin mesakke lan prihatin bro. Tapi bodi’e memang ngguanteng…
sabar bro… Tunggu sampe generasi ke-15… kali aja dah bener-bener perfect 🙂
generasi 15 kayaknya ganti mesin satria FU / raider / belang
hehehehehe
kaya yg di produksi Demak motor malaysia
DMR150
ada paket minerva lebaran nggak yah
1500SE Limited….
eh.. kebanyakan nol jadi kayak mobil
untung kagak jadi beli.
utk produk baru termasuk fenomenal. cuma bro, harus ngakalin getaran mesinnya supaya ga keras. kaya bikin engine mounting sendiri pasti bisa. kan tipikal org indonesia seneng nguprek nguprek. anyway malang e nang di?
memang ga ada yg sempurna selain rokok…….
CS1 aja yg katanya CitySport….dibawa macet lama dalam kota, mesti istirohat sebab mesin over panas……
kalo kaki vanas kayanya harus dipasang kipas ato baling2 bambu….xixixiiiii….
keren dan menarik reviewnya.. gw paling seneng baca yang review jujur dan lengkap gini.. salute bro..
suka duka memilih motjin ehehehehehheheheh
mantapsssss….brarti umur mimin aku lebih tuaan 3 bulan loh mas,,,masalahnya adalah :
1. persoalan : ban depan n blakang (kingston) licin nya amit-amit dah…
solusi : ganti ban depan 80/100 & ban blakang 130/80 (duro)
2. persoalan : Oil cooler bocor, udah 2x klaim ke MMI..no respon..
solusi : copot aja jd skr selang na muter malah lebih adem cuma klo di liat jadi bolong gtu kaya gen-1.
3. persoalan : Getaran, kopling yg keras n Speed yg mentog di 80km/jam
solusi : Bore up + resep dr mekanik ane di depok = getaran minim lari skr gigi 3 bsa sampe 110km/jam tp ane g brani bw lebih kayana g stabil deh….
4. persoalan : aki & kelistrikan : lumayan udah 20bln udah ngedrop
solusi : pgn ganti aki tp blom punya duit…:(
5. persoalan : spedometer,,dangdut mode : ON
solusi : biarin aja yg pnting indikator bensin blm mati
6. persoalan : Gas..kalau lg ujan2an gas nya macet trus bahaya bgt tuh…
solusi : udah gnti kabel gas sama aja dpet saran make gas spontan hmmm nabung dulu deh..
DC mimin sya smpe saat ini : 5 jutaan x yahh!!! zzzz + krdit by a**ra : 25 jta an…beughhh….padahal harga na 15 jt.
Kesimpulan saya setelah memakai Minerva R 150 SE ;
– Ini motor trnyata bisa di kembangkan, tergantung kita n dana nya juga..heheh
– kayanya nih motor trutama mimin saya punya MOOD deh..soalnya kadang doi enak bner dibawanya tp kadang nyebelin sampe pgn mutusin..tp mw gmn??
– semua motor sama aja yg penting perawatannya baik..
– klo buat mimin yg penting ganti oli kudu tratur biar jrg diservice jg! (pengalaman)
Fun kalo lagi lampu merah ato lagi ketutup palang kereta, puegel bener dunk kalo susah di netralinnya?? 🙂 :), kalo aye punya dari netral kadang ngak mau masuk gigi satu, tapi sekarang udah tau triknya jadi gampang :P, di tunggu update-an selanjutnya…slm
Sippp dah Minervanya……
Sam, kapan mulih malang?
Segera di kerjakan tuh engine mountingnya. Minimal Knalpot standar di bobok dulu aja mas. di YOK Racing Tlogomas. Udah ngurangin getaran banyak banget.
Kalo Urusan Heat-Heat, paling asyik ya motor plus rider dikasih radiator… hehehehehe….. cucok habis…. wkwkwwkkwkwk…..
VX Report = Top speed pancet 125 Kmh (gear 14-35). Ada inpo gear depan 16 , belakang 39 ketemu top speed berapa ya? (kalo bisa plus harga seh…..(ngarep mode=on)).
TITIDJ (aTi-aTi Di Jalan) kalo pas pulkam ke malang.
weleh…kok banyak keluhan yak?
tapi salut..ente sabar banget..
kalo ane…hehehe
udah ane bakar kali tuh motor…hihihihi
om,,masalah pindah gigi sama bgt,,…susah bgt kl mo di netralin pd posisi brenti,,…gmn solusinya..?? ga coba ke pabrik minervanya..soalnya sangat mengganggu kalo lagi di lmpu merah atau mau brenti
makasih…
sebenernya ni minerva ada SKS nya nggak si bro?
kok saya pernah liat ada cakram ni motor digembok gitu??
bro fun mengenai performa si mimin gimana bro baik akselerasi dan top speed?
alamak.. panjang juga daftarnya..
bro… kasi saran dong…. ane udah stres berat nich….saya minerva owner jga gen4. power udah oke… getarannya tu ampuuun… ada ga saran.
http://www.speedlover.tk
Klo menurut ane bro…ganti yang gen 7 aja…ane udah mo stahun pake ni motor,insya allah blom ada keluhan.semua yang mas katakan diartikel diatas kayanya gak ada lagi mas.salut wat MMI
kalau susah pindah gigi ke netral.,.,coy pakai GIGI PALSU aja!!!!hehehe.,jadi takut gue.,.beli minerva 150.,mending bison aja deh.,.daripada susah.,.,gua adah pengalaman sama Thunder 125 keluaran pertama waktu terjadi koslet si stang rem muka .,,sudah 3 diler suZuki gua bawa.,.,nga ada yg bisa,.,padahal sudah ganti sana sini.,.hampir saja gua mau timbang kilo ,.,eeee,,bawa ke bengkel pinggir jalan tau2 ketemu kosletingnya .,.,kalau seperti diatas keluhnnya masalah kelistrikan parah bossss.,.GUA trauma ,.,padahal salut sama MMI bodinya wauuuuw keren banget .,.,andai saja kalau YAMAHA>SUSUKI ><HONDA .,.pakai body seperti itu., PASTI GUA AMBIL WALAUPUN MAHAL.,.,bravo MOTOMANIA.,.,.,maaf kalau ada salah2 kata!!!!dikit.,.,
@Bro ANTHONIUS NAKUU:
soal beli motor itu tergantung yg mo beli.. gak ada paksaan untuk beli minerva koq.. setiap orang punya alesan masing-2 untuk beli motor..
Klo gw pilih minerva karena “simple”..
– klo rusak ya tinggal bawa ke bengkel mana aja.. mesin umum ahh
– bukan mesin injeksi, jadi rawat sendiri sih bisa aja..
– bensin bisa premium, tapi mo diisi yg lebih tinggi oktannya.. silakan..
– paling penting diantara semuanya.. Harganya lebih Murah.. baik motornya, pajak motor, sparepart, dan ini motor irit..
untungnya gw gak tergoda.mazih setia dengan tiger tuaku.salut deh buat kesabaran anda.hi hi hi
bro…tny neh, beli jok blkg minerva 2011 nya dmn yee? or apa buat ndiri d tukang jok bs ok? kasi saran dunk..soalnya jok bklg aye ‘terbang’ kmrn..so, skrg MIMIN gw ‘gundhul’ dblkg nya..hehehe…
@oyi:
Minerva lo itu udah yg VX atau belom?
klo bukan VX (R150 gen1-gen7 atau R200) bisa ke lapaknya anak MRC di..
http://esqimotoshop.wordpress.com/others/
trus liat item nomer #12.
nah klo VX itu gw gak tau..
bang cara buka windshield mimin gmna? coz udah gw buka skrup nya tapi masih tetep nempel kaya ada lemnya help:
tambah lagi yaitu rumah keong yang di samping setang tempat berkumpulnya para tombol dan switch biar fungsinya lebih maksimal di ganti ama punya mega pr* tp juga harus di edit lagi pengkabelannya karena ada perbedaan. cari mekanik yang kreatif dan kerjanya bagus. agak mahal dikit gpp yang penting tunggangan kita nyaman bro….
@aryatomaru:
pake switch sebelah KIRI punya Scor*io atau Vixi*n juga bisa..
Bedanya saklar on-off lampu ikutan pindah ke kiri..
Jadi saklar/switch/tombol punya Mimin yg KANAN untuk on-off lampu jadi nganggur (atau difungsikan untuk saklar lainnya juga bisa..)
Eh orang gila (maav ane panggil orgil, soalnya baca postingan ente, perut ane dikocok abis…ngakak ampe kasur jebol gara2 ngakak sambil loncat+guling2)
Ane pake Megelli neh, tp knp tiap mau stater suka ada lampu aki merah ? Jd tiap minggu ane Cash tu Aki di tukang Aki (bukan tukang Nini)…Kenapa yee ??? Apa karna ane pk Spul Thunder 125 yg biasa atau karna Kuprok yg memang harus diganti ???
Share dunq…
pin:2932F02B
kalo minerva mau pake gas spontan yang cocok apa yah ? kan kabel gas nya nyabang tuh ! dijelasin aja ya soalnya mimin saya kepengen pake gas spontan
thx
buat ane aja deh motornya
hahaha
Mas Bro Minerva 2008 pnya gw Aki nya tekor biar Awet di ganti pke Aki model pa y,,,,bsa tlp/sms ke no ni 02192323253,kbrin yaaaaa,,,,,,,
mending beli motor yg udh terjamin mutu nya,150 r gw aja gw mutilasi di gudang,trouma gw ngurusinya :(,gw ada rencana pengen beli vixion
brow mimin ane berat banget di kick stater minta solusinya??? btw tu kick stater kyak punya nte belinya dmana gann.. pesen ane satu ??/
mau tanya nih rpm mimin ane mx150 th2009 saat di gas posisi netral jarum bergerak tapi saat motor di jalankan jarum tak bergerak sama sekali (mati) apa penyebabnya dan apa ada yang harus di ganti??mohon di beri tau yah…
terima kasih…
kallo ada yang mau beli spareparts ori atau motor minerva baru hubungin ane aja ya gan ?
semua lengkap kalo buat minerva
NO HP 0838 7836 9397 (DIKO)
NO Telp . (021)5365 1230
ZANETA MOTOR
wkwkwkwkwkwkwkwk…………….. wah perut sakit baca tulisan2 diatas.. buat NoFun terimaksih tulisan bagus banget… rupa2nya pengguna mimin memang harus lbih bersabar…. saya punya pengalaman mirip/persis cerita2 diatas.. mimin saya thn 2008 g th masuk generasi berapa yang jelas ga ada oil coolernya.. tp ni motor/mimin hebat menurut sy.. pengin pasng oil cooler cocoknya pake apa ya.. beri tahu ya.. makasih semuanya..
mau tanya kick starter mx150 bisa diganti motor apaan ya? bisa dibantu dong. no hp 089668126140. mksh sblume.
Penyakit minerva bnyak ..di mana ada bengkel minerva area jakarta barat atau tangerang